MUI mengharamkan Rokok!!….

By; Aly Masyhar Abdel Hannan

Setelah beberapa waktu mengawang-awang, beberapa hari yang lalu melalui siding nasional di Padang Sumatera, MUI akhirnya memutuskan hokum tentang rokok. Dari pertemuan besar itu, MUI memutuskan bahwa secara umum hokum rokok adalah makruh, namun untuk anak-anak, wanita hamil, ulama MUI dan merokok di tempat-tempat umum hukumanya haram.

Sebagaimana umumnya wacana, fatwa ini mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Ada yang pro dan contra. Pihak yang pro meyoritas mendasarkan pernyataannya pada aspek kesehatan dan pemborosan. Di pihak ini masuk diantaranya ialah Kak Seto Mulyadi. ia sangat mendukung fatwa ini, terutama fatwa rokok haram bagi anak-anak, bahkan ia mendambakan jika fatwa ini ditimdak lanjuti o;eh pemerintah dengan pperaturan pendukung.

Kemudian, pihak yang kontra mendasarkan pada aspek agama, social, dan ekonomi. Yang terakhir ini sebagaimana yang telah diputuskan oleh Forum Bahtsul Masa’il FMPP di pondok pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Blitar 2 hari yang lalu (25/01/09).

Forum Bahtsu yang diikuti oleh 150 delegasi Pondok-Pesantren Jawa Timur itu, menyatakan bahwa pemutusan hokum haram rokok oleh MUI tersebut tidak terdapat dasarnya dalam al-Qur’an maupun al-Hadis. Selain itu, sebagaimana yang dinyatakan oleh Manan -salah satu perumus bahtsu dari Pondok Pesantren Ploso Kediri-, secara ekonomi dan social fatwa MUI tersebut mempunyai imbas yang tidak kecil, bahkan mampu mengalahkan alasan Mubadzir (menghambur-hamburkan uang sebagaimana alasan yang dinyatakan oleh pihak Pro).

Published in: on Maret 16, 2009 at 4:03 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://alymasyhar.wordpress.com/2009/03/16/mui-mengharamkan-rokok/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: